Others

Ketahui Komponen Penting yang Terdapat pada VSAT

Ketahui Komponen Penting yang Terdapat pada VSAT

Perangkat VSAT adalah hal mutlak yang dibutuhkan oleh Anda yang ingin memiliki jaringan komunikasi lancar. Untuk zaman sekarang yang pastinya sangat mengandalkan informasi apalagi informasi internet pastinya teknologi ini tidak boleh terlewatkan. Namun ternyata masih banyak orang yang awam terhadap teknologi. Berikut ini komponen penting pada teknologi ini.

  1. Antena

Komponen penting pertama yang jangan sampai terlewatkan adalah komponen antena seperti yang satu ini. Seperti yang diketahui bahwa antena adalah komponen paling untuk perangkat seperti ini. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari fungsi antena itu sendiri yaitu berguna untuk menangkap sinyal. Intinya antena ini berguna untuk menghubungkan satu titik dengan titik lain.

Sedangkan untuk teknologi yang satu ini, biasanya menggunakan antena jenis solid dish antena yang memiliki kemiripan dengan bentuk parabola. Untuk bagiannya sendiri, antena yang satu ini terdiri dari feedhorn, reflector hingga penyangga. Semua bagian tersebut nantinya berkombinasi untuk bisa membuat antena bekerja dengan baik sekaligus bisa menangkap sinyal berkualitas.

  1. Low Noise Amplifier (LNA)

Low Noise Amplifier juga jangan sampai terlewatkan sebagai komponen penting pada teknologi yang satu ini. Fungsi dari LNA ini sendiri adalah untuk bisa memberikan penguatan sinyal yang nantinya datang dari satelit. Tidak sampai di situ saja karena nantinya sinyal-sinyal tersebut bakal ditangkap oleh antena noise yang bisa dibilang cukup rendah dan pastinya memudahkan.

  1. Solid State Power Amplifier (SSPA)

Tentunya perangkat yang satu ini membutuhkan komponen khusus yang dapat memperkuat sinyal mereka. Kebutuhan tersebutlah yang kemudain membuat hadrinya Solid State Power Amplifier seperti yang satu ini. Dengan kekuatan sinyal yang jauh lebih kuat dan juga lebih pastinya akan memberikan banyak manfaat pada perangkat itu sendiri.

Terutama dalam hal manfaatnya untuk bisa memancarkan sinyal dari jarak yang jauh. Hal ini terbilang sangat berguna untuk membuat perangkat ini lebih mudah dalam mendapatkan sinyal. Lebih detailnya, fungsi dari Solid State Power Amplifier ini adalah untuk memperkuat sinyal RF yang memiliki frekuensi 5.925 GHz hingga yang memiliki frekuensi 6.425 Ghz.

  1. Up Down Converter

Komponen VSAT yang tergolong penting berikutnya adalah up down converter seperti yang satu ini. Sebenarnya komponen ini sendiri memiliki dua fungsi yang saling membantu satu sama lain. Diawali dengan fungsi up converter yang berguna utnuk mengkonversi sinyal IF menjadi sinyal RF uplink.

Berikutnya adalah fungsi dari down converter yang bisa dibilang adalah kebalikan dari fungsi yang sebelumnya. Perlu diketahui bahwa down converter ini memiliki kemampuan untuk mengkonversi atau mengubah sinyal RF downlink menjadi sinyal IF.

  1. Low Noise Block (LNB)

Berikutnya adalah komponen LNB yang juga tidak kalah apabila dibandingkan komponen-komponen lainnya yang sudah disebutkan di atas. Fungsi utama dari LNB ini sendiri adalah untuk menerima sinyal sateliti yang tergolong lemah. Nantinya sinyal sateliti yang tergolong lemah tersebut akan dikumpulkan terlebih dulu sebelum akhirnya diterima dengan baik.

  1. Block Up Converter (BUC)

Komponen terakhir yang dimiliki dari perngkat ini adalah kehadiran Block Up Converter atau biasa disingkat BUC. Fungsi utama dari BUC ini sendiri adalah untuk mengirimkan sinyal informasi ke satelit yang dituju. Tidak heran apabila kemudian nama lain dari BUC ini adalah transmitter.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya sekarang ini Anda sudah paham komponen apa saja yang terdapat di VSAT. Hal ini terbilang penting supaya Anda lebih tahu dan juga lebih memahami tentang perangkat yang satu ini. Supaya apabila terjadi kekeliruan maka Anda tahu apa yang mesti diperbuat.